Gempa Sebanyak 9 Kali Terjadi Di Wilayah Indonesia, 4 Kali Di Jawa

Gempa Sebanyak 9 Kali Terjadi Di Wilayah Indonesia, 4 Kali Di Jawa

February 5, 2019 Off By Majalah Sbobet

Gempa Hari Ini

Berita Terbaru – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, sebanyak sembilan gempa terjadi di Indonesia pada Senin (4/2/2019), empat di antaranya mengguncang sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

Gempa hari ini yang terjadi di Jawa sebanyak empat kali, Sulawesi empat kali, dan Papua sebanyak satu kali. Gempa pertama hari ini terjadi di Jember, Jawa Timur pada pukul 05.64 WIB.

Gempa yang mengguncang Jember, Jawa Timur ini berkekuatan Magnitudo 2,8 dan berpusat di laut dengan kedalaman 10 km. Gempa kedua terjadi di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada pukul 08.35 WIB.

Gempa yang mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara ini berkekuatan Magnitudo 5 dan berpusat di laut. Gempa ini terjadi di 163 km timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dengan kedalaman 95 km.

Dari laporan BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Di Purbalingga, Jawa Tengah, terjadi gempa sebanyak dua kali pada pukul 09.42 WIB dan 12.44 WIB. Gempa pertama yang mengguncang daerah Purbalingga ini berkekuatan Magnitudo 2,5 dan berpusat di darat.

Gempa ini berada di 9 km timur laut Purbalingga, Jawa Tengah dengan kedalaman 18 km. Sedangkan gempa kedua di Purbalingga, Jawa Tengah berkekuatan Magnitudo 2,3 dan berpusat di darat.

Gempa ini berada di 13 km timur laut Purbalingga dengan kedalaman 18 km. Gempa kelima terjadi di Kulonprogo, Yogyakarta pada pukul 15.23 WIB. Di Kulonprogo, gempa mengguncang dengan kekuatan Magnitudo 2,9 dan berpusat di laut.

Gempa tersebut berada di 119 km barat daya Kulonprogo, Yogyakarta dengan kedalaman 10 km. Di Mamasa, gempa mengguncang sebanyak tiga kali, dimulai pada pukul 18.59 WIB, 19.17 WIB, dan 19.31 WIB.

Gempa yang mengguncang Mamasa ini dirasakan dengan Skala MMI II. Yang pertama, Mamasa diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 2,9 dan berpusat di darat. Gempa pertama yang mengguncang Mamasa ini berada di 2 km tenggara Mamasa, dengan kedalaman 5 km.

Sedangkan gempa kedua berkekuatan Magnitudo 3,1 dan berpusat di darat. Gempa ini berada di 2 km tenggara Mamasa dengan kedalaman 6 km. Dan yang terakhir berkekuatan Magnitudo 3,3 dan juga berpusat di darat. Gempa ini berada di 6 km utara Mamasa dengan kedalaman 6 km.

Gempa terakhir yang mengguncang wilayah Indonesia terjadi di Jayapura, Papua pada pukul 20.45 WIB. Gempa yang mengguncang Jayapura, Papua ini berkekuatan Magnitudo 4,3 dan berpusat di laut.

Gempa di Jayapura, Papua ini berada di 41 km barat laut Jayapura, Papua dengan kedalaman 10 km. Gempa ini dirasakan Jayapura dan Sentani dengan Skala MMI II-III.

zvr
Bagaimana Reaksimu ?