ICC 2018

ICC 2018 : Arsenal 1 – 1 Chelsea (Penalty 6 – 5)

Pada laga kontra Arsenal vs Chelsea di International Champions Cup (ICC) 2018 di Dublin, Petr Cech menjadi pahlawan bagi pasukan Unai Emery setelah mereka menang lewat adu pinalti.

Saat pertandingan dimulai, Chelsea yang langsung bermain cepat membuahkan hasil ketika Antonio Rudiger berhasil menyundul bola tinggi yang ditendang oleh Cech Fabregas, akan tetapi Fabregas berhasil jgua menggagalkan pinalti dari Alvaro Morata sebelum Alexandre Lacazette berhasil menjadikan crossin Reiss Nelson mejadi gol pada menit terakhir injury time.

Cech lagi-lagi kembali menjadi protagonis The Gunner setelah berhasil menahan tendangan pinalti Ruben Loftus-Cheek, dan sekaligus menjadikan The Gunner pemenang pada kontra kali ini.

Susunan pemain pun sedikit berbeda, Chelsea membaut tiga perubahan pada tim yang berhasil mengalahkan Inter Milan lewat adu pinalti. Sedangkan pada kubu Arsenal, mereka harus menarik Aaron Ramsey dari starting XI karena Ramsey yang mengalami cedera saat pemanasan, dan terpaksa diganti oleh pemain muda Emile Smith-Rowe.

Chelsea pun ada beberapa pemain muda dalam starting XI mereka, namun hanya ada satu pemain berumur 17 tahun dari akademi Chelsea yang berhasil mempertahankan posisinya di line-up yaitu Callum Hudson-Odoi, ia juga berhasil menjadi bintang dalam pergorma Chealsea saat babak pertama.

Pada menit kelima babak pertama, Callum berhasil melakukan penetrasi dari sisi kiri dan memberikan umpan kepada Fabregas, namun tembakannya berhasil dibendung oleh Cech. Eks Kapten The Gunners pun disambut suporter saat mengambil tendangan sudut, akan tetapi Rodger berhasil menyundul bola dari Cech yang berujung dengan Gol bagi The Blues.

Chelsea

Hanya berselang 9 menit setelah gol pertama Chelsea, Hector Bellerin melakukan pelanggaran terhadap Callum di kotak pinalti dan wasit pun langsung memberikan hadiah pinalti kepada Chelsea. Alvaro Morata, ia ditunjuk menjadi eksekutor pinalti tersebut, sayangnya tendangannya berhasil ditahan oleh Cech dengan mudah.

Morata sudah dua kali gagal dalam menambah poin Chelsea, pertama dari sundulannya yang ditahan hingga menjadi eksekutor pinalti yang kemudian berhasil ditahan oleh Fabregas lagi.

Sebelum berakhirnya babak pertama, lagi-lagi Hudson-Odoi berhasil menembus lini pertahanan Arsenal dan menyambut umpan dari Jorginho, akan tetapi lagi-lagi Cech berhasil menggagalkannya. Tembakan pemain 17 tahun itu berhasil dihalau oleh Cech.

Setelah babak kedua mulai, Arsenal yang sudah tertinggal 2 gol langsung meningkatkan intensitas permainan mereka, namun sayangnya justru Rudiger yang berhasil mendapatkan peluang untuk menambah kedudukan Chelsea ketika ia mendapat umpan dari Pedro, akan tetapi masih gagal.

Alex Iwobi kemudian masuk pada menit ke-65 untuk menyegarkan Arsenal, ia berhasil mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan Arsenal dengan Chelsea namun tembakannya berhasil digagalkan Caballero. Lacazette juga sudah frustasi ketika finishingnya tidak dapat menembus gawang Chelsea.

Mesut Ozil

Setelah memasuki injury time babak kedua, suporter The Gunner akhirnya bisa bahagia setelah Lacazette berhasil melangsungkan umpan silang dari Nelson ke gawang The Blues dan memaksa pertandingan berakhir dengan seri dan berlanjut ke adu pinalti yang dimana Loftus-Cheek gagal melaksanan tugasnya sebagai eksekutor saat sudden death.