Olahraga

Golden Goal, Aturan Lama Piala Dunia Yang Membuat Pemain Hingga Pelatih Kalang Kabut

Mungkin Yang Ingat ‘Golden Goal’ Ini Sudah Nikah Dan Punya Anak Ya?

Buat yang lahir tahu 90’an, mungkin tau dengan yang namanya ‘Golden Goal’? Istilah dan peraturan lama dalam pertandingan sepak bola berskala dunia, seperti Piala Dunia.

Aturan yang dipakai ketika pertandingan sudah mencapai babak perpanjangan waktu dengan skor 0 – 0. Jadi golden goal ini adalah jika salah satu tim berhasil mencetak 1 skor, otomatis tim itu akan menang.

Jadi tidak mengherankan jika saat pertandingan berakhir seri, Golden Goal ini bisa sangat menegangkan karena pemenang akan ditentukan oleh tim mana yang berhasil mencetak gol yang tercepat. Munkin terlihat agak tidak adil, namun ini juga menunjukkan tim mana yang memiliki konsentrasi dan kemampuan yang lebih tinggi.

Golden Goal Itali Vs Korea Selatan

Sundulan Ahn Jung Hwan (Golden Goal)

Golden Goal Prancis

Tendangan Thierry Henry (Golden Goal)

Golden Goal sendiri sebenarnya digunakan oleh FIFA ketika tahun 1993, peraturan Golden Goal ini dilanjutkan hinggan Piala Dunia 2002 untuk mencari pemenang pada pertandingan itu.

Namun pasca Piala Dunia 2002, Golden Goal resmi dihapus setelah Italia mengalami kekalahan yang menyedihkan atas Korea Selatan karena berhasil mendapatkan Golden Goal. Gawang Italia yang dijaga oleh Buffon berhasil ditembus oleh Ah Jung Hwan meskipun sebelumnya Italia memimpin seluruh jalannya pertandingan.

Salah satu faktor yang membuat Golden Goal ini dihapus juga adalah karena tidak selamanya peraturan ini menguntungkan, malah lebih berdampak buruk terhadap jalannya pertandingan tersebut. Rata-rata tim akan memilih bertahan hinggal mencapai perpanjangan waktu untuk mendapat Golden Goal.

Kondisi itulah yang menjadi salah satu faktor peraturan Golden Goal ini dihapuskan dan membuktikan permainan sepak bola juga pernah mengalami berbagai macam perubahan, namun tujuan utama nya adalah mencari yang terhebat.

Categories: Olahraga

Tagged as: , , ,