Bola

ICC 2018 : Barcelona 2 – 4 AS Roma, Roma Berhasil Melakukan Comeback ‘Lagi’!

AS Roma yang bermain untuk pertandingan kedua di International Champions Cup (ICC) 2018 berhasil menaklukkan Barcelona yang juga merupakan pertandingan kedua mereka dengan skor 4 – 2. Roma seperti mengulangi kesuksesan mereka di Champion League 2018, dimana Roma yang kalah agregat 3 gol berhasil melakukan comeback dengan skor 3 – 0 dan menang agetivitas tandang.

Kali ini juga tidak jauh berbeda, AS Roma berhasil menang dua gol dari Barcelona meskipun mereka sudah sempat tertinggal dua kali. Dominasi dari Barcelona langsung terlihat dan berhasil membuahkan hasil, pada menit ke-6, mereka berhasil mencetak gol melalui Rafinha dengan bantuan Munir.

rafinha-bersama-pema_3fe8ca5

Baru 10 menit setelah gol pertama, Rafinha kembali mengancam di barisan pertahanan Giallorossi, namun kali ini Rafinha yang menerima umpan Nelson Semedo tidak berhasil mengarahkan bolanya ke gawang Roma.

Roma yang sudah defisit satu gol dan hampir kebobolan gol lagi langsung menancap gas dan itu pun berhasil. Pada menit ke-35, Justin Kluivert berhasil mempenetrasi pertahanan Barca dan memberikan umpan ke El Shaarawy tepat pada kotak pinalty, dan gol! Shaarawy berhasil menembus pertahanan kiper Barca dengan mudah.

Setelah skor sama, kedua tim yang mengincar kemenangan langsung melakukan aksi serang balik, namun keduanya tertahan dengan skor 1 – 1 hingga peluit babak pertama berbunyi.

Tak perlu lama, lagi-lagi Barca yang hanya perlu 4 menit setelah peluit wasit yang menunjukkan babak kedua mulai berbunyi. Tepatnya pada menit ke-49, Ballou Tabla yang baru menggantikan Aleix Vidal berhasil mengirimkan umpan ke Malcom di kotak pinalti dan dieksekusi Malcom dengan sempurna. Dalam 4 menit mulainya pertandingan, Barca langsung mengubah kedudukan.

Hanya 8 menit setelah gol kedua Barca, Malcom kembali memberikan ancaman kepada pertahanan Roma yang dikenal sangat ketat, ia melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti yang sayangnya melenceng dari gawang Ruben Olsen.

Namun buruknya penyelesaian pemain pengganti Barcelona membuat mereka kesusahan untuk menambah skor, sedangkan di sisi Roma, meskipun mereka sulit untuk melancarkan serangan balik, lini pertahanan mereka semakin terorganisir dan membuat Barca semakin sulit menembus pertahanan mereka.

Menit ke-78 terjadi gol dan itu milik Roma, Diego Perotti berhasil menembus pertahanan Blaugrana akibat kesalahan lini tengah mereka langsung dimanfaatkan dengan baik dan berhasil menembakkan operan ke Florenzi yang hanya perlu melakukan tendangan kecil. Roma berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2 – 2.

Florenzi

Hanya perlu 5 menit dari gol Florenzi, Giallorossi langsung membalikkan kedudukan, Luca Pellegrini berhasil memberikan umpan kepada Bryan Cristante yang telah berhasil menembus lini pertahanan Barca langsung menjebol gawang Jasper CIllisen, kedudukan mereka kini menjadi 3 – 2.

Tidak lama lagi, Roma kembali mencetak gol, wasit memberikan hadiah pinalti untuk Roma karena Patrik Schick yang dijatuhkan Chumi Brandariz di kotak terlarang. Eksekutor Roma, Diego Perotti dengan mudah mencetak gol ke gawang Blaugrana dan mengubah kedudukan menjadi 4 – 2.

Diego Perotti

Barcelona yang mengharapkan untuk bisa menyamakan kedudukan ataupun menyamakan kedudukan tidak dapat menembus pertahanan Roma yang semakin solid membuat kedudukan Roma tetap bertahan hingga peluit wasit berbunyi.

 

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillissen; Nelson Semedo (Jorge Cuenca 62′), Marlon (Chumi Brandariz 46′), Clement Lenglet (Sergi Palencia 63′), Marc Cucurella (Juan Miranda 46′); Arthur (Ricard Puig 46′), Sergi Roberto (Monchu 46′), Rafinha (Alex Collado 62′); Aleix Vidal (Ballou Tabla 46′), Munir (Abel Ruiz 46′), Malcom (Carles Perez 62′)

AS Roma (4-3-3): Robin Olsen (Antonio Mirante 46′); Alessandro Florenzi, Kostas Manolas (Juan Jesus 61′), Ivan Marcano (Aleksandar Kolarov 76′), Davide Santon (Bryan Cristante 61′); Kevin Strootman (Patrik Schick 61′), Daniele De Rossi (Javier Pastore 66′), Lorenzo Pellegrini (Luca Pellegrini 61′); Stephan El Shaarawy (Federico Fazio 76′), Edin Dzeko, Justin Kluivert (Diego Perotti 61′).